SASARAN SIKAP PROFESIONAL & PENDAPAT GURU YANG BAIK



A.    SASARAN SIKAP PROFESIONAL

1.     Kurikulum
Kurikulum di Indonesia sudah berganti beberapa kali demi kemajuan pendidikan Indonesia. kurikulum yang digunakan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mana sebelumnya adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Sikap professional yang harus ditampilkan oleh guru ialah berfikir positif sebagaimana yang tertung dalam kode etik guru Indonesia bahwa guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. Jadi, guru harus berusaha mengembangkan kurikulum ini sehingga tujuan awal untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia tercapai. Di samping itu, guru juga harus mempelajari beberapa tentang KTSP seperti model, strategi, pendekatan serta metode yang tepat untuk kurikulum ini.
2.    Diri Sendiri
Sikap guru profesional  yaitu dimulai dari diri sindiri. Konsep dari diri sendiri adalah bagaimana seorang guru mampu bertanggung jawab pada diri sendiri, biasanya hal ini kita lakukan dengan penggolongan karakteristik sifat pribadi, karakteristik sifat sosial, dan peran sosial.
Misalnya seorang guru memandang dirinya sebagai seorang yang memiliki cukup kemampuan untuk melaksanakan tugas, maka seorang guru yang profesional itu akan menampakan perilaku sukses dalam melaksanakan tugasnya, ataupun sebaliknya.  Jadi disini sikap guru profesional bisa mengembangkan sifat-sifat kepercayaan diri baik dalam mengerjakan tugas ataupun hal lainnya, harga diri dan kemampuan untuk melihat dirinya secara realitas, sehingga akan menumbuhkan penyesuaian sosial yang baik. Sebaliknya apabila konsep diri negatif, anak akan mengembangkan perasaan tidak mampu dan rendah diri.
3.    Keluarga
Seorang guru professional sangat penting mendapat dukungan dari keluarga. Keluarga hendaknya selalu menjaga dan memperhatikan cara pandang individu terhadap kebutuhan-kebutuhan pokoknya, baik itu yang bersifat organik maupun yang bersifat psikologis. Mempersiapkan segala sesuatu yang ada hubungannya langsung maupun tidak langsung dengan pendidikannya. Artinya, keluargalah yang mempunyai tanggung jawab moral pada usaha mengupayakan pendidikan dan menjadikan individu menjadi orang yang terdidik. Membina individu dengan cara mengemati garis kecenderungan individu. Keluarga adalah model dalam masyarakat yang menjadi acuan yang baik untuk ditiru yang juga menjadi kebanggaan masyarakat setempat.
4.    Masyarakat
Sikap guru yang profesional dalam masyarakat tergantung pada gambaran masyarakat tentang kedudukan guru dan status sosialnya di masyarakat. Di negara-negara maju biasanya guru di tempatkan pada posisi sosial yang tinggi atas peranan-peranannya yang penting dalam proses mencerdaskan bangsa. Sebenarnya peranan itu juga tidak terlepas dari kualitas pribadi guru yang bersangkutan serta kompetensi mereka dalam bekerja. 
Pada masyarakat yang paling menghargai guru pun akan sangat sulit untuk berperan banyak dan mendapatkan kedudukan sosial yang tinggi jika seorang guru tidak memiliki kecakapan dan kompetensi di bidangnya. Apalagi guru-guru yang tidak bisa memberikan keteladanan bagi para muridnya, sudah barang tentu ia justru menjadi bahan pembicaraan orang banyak. Jika dihadapan para muridnya seorang guru harus bisa menjadi teladan, ia pun dituntut hal yang sama di dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
Dalam masyarakat, guru adalah sebagai pemimpin yang menjadi panutan atau teladan serta contoh bagi masyarakat sekitar. Mereka adalah pemegang norma dan nilai-nilai yang harus dijaga dan dilaksanakan. Ini dapat kita lihat bahwa betapa ucapan guru dalam masyarakat sangat berpengaruh terhadap orang lain
5.    Negara
Sikap guru yang profesional hendaknya meningkatkan sumber daya manusia dalam usaha pencerdasan kehidupan bangsa, sehingga pendidikan sangat penting artinya bagi kehidupan manusia sebagai individu baik dalam keluarga maupun bangsa dan negara.
Dalam proses pendidikan guru merupakan faktor utama dalam tugasnya sebagai pendidik,guru banyak sekali memegang berbagai jenis peranan yang harus dilaksanakan sebagai seorang guru. Guru yang baik adalah mereka yang berhasil di dalam memerankan peranan-peranannya dengan sebaik-baiknya, yang berarti dapat menunjukkan polah tingkah laku yang sesuai dengan tugasnya dan dapat diterima oleh lingkungan masyarakatnya.

B. Pendapat Guru Yang Baik

Guru yang baik adalah guru yang mengusai ilmunya dengan baik. Mampu menjelaskan dengan baik apa yang diajarkannya. Disukai oleh peserta didiknya karena cara mengajarnya yang enak didengar dan mudah dipahami.
Guru yang baik menurut pendapat saya adalah  :
1.      Guru yang memahami benar akan profesinya. Guru hendaknya dalam  mendidik dengan hati yang tenang byasanya dengan wajah selalu ceria, senang, dan selalu menerapkan 5S dalam kesehariannya (Senyum, Salam, Sapa, Syukur, dan Sabar).
2.      Guru yang baik adalah guru yang memiliki sifat selalu berkata benar, penyampai yang baik, kredibel, dan cerdas. Guru yang baik selalu berkata benar, mengajarkan kebaikan, dapat dipercaya, dan memiliki kecerdasan yang luar biasa. Memiliki iman yang kuat, menguasai ilmunya dengan baik, dan mengamalkan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain.
3.      Dalam mengajar guru juga memperhatikan perbedaan individu siswa, sehingga guru harus lebih instensif dalam berkomunikasi dengan siswa dan peka dalam kegiatan mengajar. Intensif dalam berkomunikasi maksudnya guru sering menanyakan pada siswa apakah mereka sudah paham dengan materi yang ia sampaikan. Sedangkan peka pada siswa maksunya adalah guru harusnya tahu keadaan siswa-siswanya.
4.      Selain itu Menurut Pendapat saya guru yang baik adalah guru yang memiliki 5 kecerdasan. Kecerdasan yang dimiliki terpancar jelas dari karakter dan perilakunya sehari-hari. Baik ketika mengajar, ataupun dalam hidup ditengah-tengah masyarakat, yaitu yang meliputi :
1.      kecerdasan intelektual (kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio)
2.      kecerdasan moral (Kemampuan untuk melakukan tindakan baik & bermoral)
3.      kecerdasan social (kecerdasan yang mencakup interaksi)
4.      kecerdasan emosional (kemampuan mengerti emosi diri sendiri dan orang lain)

5.      kecerdasan motorik (kemampu melakukan mobilitas tinggi sehingga mampu bersaing dalam memperoleh hasil yang maksimal)

Download Materinya Disini

0 Response to "SASARAN SIKAP PROFESIONAL & PENDAPAT GURU YANG BAIK"

Post a Comment