Pemrograman Dasar (Sub Program)

1. Pemrograman Modular
• Modular programming adalah merupakan suatu teknik untuk menulis program yang berukuran besar. Program dibagi menjadi beberapa bagian kecil. Tiap bagian disebut module, yang melakukan suatu tugas tertentu. • Pascal mengenal module sebagai: – PROCEDURE (terbagi menjadi dua) • Procedure Sederhana tidak menerima argumen (nilai atau data) ketika dieksekusi. • Procedure Kompleks menerima nilai yang diproses ketika dieksekusi. – FUNCTION : Function, ketika dieksekusi menghasilkan suatu nilai.

2. Jangkauan Variabel
• Variabel Global – variabel yang didefinisikan/terletak pada program utama, dimana semua sub-program bisa mengakses, mempergunakan dan memodifikasinya. Dari gambar berikut , variabel A, B, dan C dapat diakses oleh procedure D maupun procedure E

Variabel Lokal – Suatu procedure dapat mendeklarasikan variabelnya sendiri. Variabelvariabel itu hanya bekerja pada procedure dimana mereka dideklarasikan. Variabel-variabel tersebut dinamakan variabel lokal  (local variable).

3. Prosedur/Procedure
A) Prosedur Sederhana Procedure sederhana dipakai untuk menampilkan pilihan menu, dsb. procedure (module) tersebut terdiri atas beberapa pernyataan (statements), yang dikelompokkan dengan kata kunci begin dan end . Setiap procedure mempunyai nama. Sintak : 
PROCEDURE  NAMA; 
begin  
   :  
    pernyataan  
   : 
end; 


Untuk lebih lengkapnya download materinya disini

0 Response to "Pemrograman Dasar (Sub Program)"

Post a Comment